Peningkatan Keterampilan Mengajar Metode Tilawati Berbasis Amaliyah Tadris Al-Qur’an di Kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

Authors

  • Miftahol Jannah Universitas Muhammadiyah Malang Author
  • Achmad Khoiruddin Universitas Muhammadiyah Malang Author
  • Rusiyan Universitas Muhammadiyah Malang Author
  • Alif Jatmiko Universitas Muhammadiyah Malang Author
  • Ima Resmayanti Universitas Muhammadiyah Malang Author
  • Faridi Universitas Muhammadiyah Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.7401/qac0v052

Keywords:

Keterampilan Mengajar, Metode Tilawati, Amaliyah Tadris Al-Qur’an

Abstract

Metode Tilawati merupakan metode pengajaran Al-Qur'an yang mengedepankan aspek tahsin yaitu ketepatan bacaan, tajwid, serta penghayatan isi dan kandungan yang terdapat pada ayat-ayat Al-Qur'an. Dalam konteks ini, pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca serta mengajar metode Tilawati berbasis amaliyah tadris di kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Melalui pelatihan intensif atau TOT (training of trainers) tentang membaca dan mengajar Al-Qur’an dengan metode tilawati, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kompetensi peserta didik kelas tahfidz sebagai calon-calon guru ngaji Tilawati. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan dalam keterampilan mengajar dan penguasaan metode Tilawati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2024). Pedoman Standar Mutu Pendidikan Al-Qur’an. Jakarta: Direktorat PD Pontren, Ditjen Pendidikan Islam.

Marta, K. A. (2022). Open Ended: Inisiatif Model Pembelajaran Tajwid di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 169–181.

Munir, M. (2023). Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Teori dan Praktik. Surabaya: Pusat Tilawati Nasional.

Muzaiyanah, I. A., Hayumuti, H., & Asrori, A. (2023). Implementasi Metode Wafa dengan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Mujahidin Surabaya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2292–2299. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1589

Rahmawati, L. (2024). Evaluasi Program Pelatihan Guru Al-Qur’an Berbasis Tilawati. Jakarta: Edupress.

Sholihah, N. (2023). Panduan Lengkap Mengajar Tilawati. Surabaya: Penerbit Mitra Tilawati.

Sulaiman, H. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru Al-Qur’an Melalui Amaliyah Tadris. Bandung: Al-Fatih Press.

Sya’bani, A. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Guru Al-Qur’an melalui Amaliyah Tadris. Strategi Peningkatan Kualitas Guru Al-Qur’an Melalui Amaliyah Tadris.

Tadris, S. P. K. G. A.-Q. melalui A. (2024). Standar Nasional Pendidikan Agama Islam Edisi Revisi 2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Published

2025-05-30

How to Cite

Miftahol Jannah, Achmad Khoiruddin, Rusiyan, Alif Jatmiko, Ima Resmayanti, & Faridi. (2025). Peningkatan Keterampilan Mengajar Metode Tilawati Berbasis Amaliyah Tadris Al-Qur’an di Kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Kamilla: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 72–80. https://doi.org/10.7401/qac0v052

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.