Peningkatan Keterampilan Mengajar Metode Tilawati Berbasis Amaliyah Tadris Al-Qur’an di Kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

Penulis

  • Miftahol Jannah Universitas Muhammadiyah Malang Penulis
  • Achmad Khoiruddin Universitas Muhammadiyah Malang Penulis
  • Rusiyan Universitas Muhammadiyah Malang Penulis
  • Alif Jatmiko Universitas Muhammadiyah Malang Penulis
  • Ima Resmayanti Universitas Muhammadiyah Malang Penulis
  • Faridi Universitas Muhammadiyah Malang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.7401/qac0v052

Kata Kunci:

Keterampilan Mengajar, Metode Tilawati, Amaliyah Tadris Al-Qur’an

Abstrak

Metode Tilawati merupakan metode pengajaran Al-Qur'an yang mengedepankan aspek tahsin yaitu ketepatan bacaan, tajwid, serta penghayatan isi dan kandungan yang terdapat pada ayat-ayat Al-Qur'an. Dalam konteks ini, pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca serta mengajar metode Tilawati berbasis amaliyah tadris di kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Melalui pelatihan intensif atau TOT (training of trainers) tentang membaca dan mengajar Al-Qur’an dengan metode tilawati, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kompetensi peserta didik kelas tahfidz sebagai calon-calon guru ngaji Tilawati. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan dalam keterampilan mengajar dan penguasaan metode Tilawati.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2024). Pedoman Standar Mutu Pendidikan Al-Qur’an. Jakarta: Direktorat PD Pontren, Ditjen Pendidikan Islam.

Marta, K. A. (2022). Open Ended: Inisiatif Model Pembelajaran Tajwid di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 169–181.

Munir, M. (2023). Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Teori dan Praktik. Surabaya: Pusat Tilawati Nasional.

Muzaiyanah, I. A., Hayumuti, H., & Asrori, A. (2023). Implementasi Metode Wafa dengan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Mujahidin Surabaya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2292–2299. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1589

Rahmawati, L. (2024). Evaluasi Program Pelatihan Guru Al-Qur’an Berbasis Tilawati. Jakarta: Edupress.

Sholihah, N. (2023). Panduan Lengkap Mengajar Tilawati. Surabaya: Penerbit Mitra Tilawati.

Sulaiman, H. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru Al-Qur’an Melalui Amaliyah Tadris. Bandung: Al-Fatih Press.

Sya’bani, A. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Guru Al-Qur’an melalui Amaliyah Tadris. Strategi Peningkatan Kualitas Guru Al-Qur’an Melalui Amaliyah Tadris.

Tadris, S. P. K. G. A.-Q. melalui A. (2024). Standar Nasional Pendidikan Agama Islam Edisi Revisi 2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Miftahol Jannah, Achmad Khoiruddin, Rusiyan, Alif Jatmiko, Ima Resmayanti, & Faridi. (2025). Peningkatan Keterampilan Mengajar Metode Tilawati Berbasis Amaliyah Tadris Al-Qur’an di Kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Kamilla: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 72–80. https://doi.org/10.7401/qac0v052

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.