Pembelajaran Interaktif Astronomi Dasar Bagi Siswa MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonokasian Wonoayu Sidoarjo

Penulis

  • Naabila Aisyatuzzahrah Surya Putri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Penulis
  • Alfian Nurul Hakim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Penulis
  • Dewi Atikah Mumtaz Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Penulis
  • Dinda Robiatul Chasanah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Penulis
  • Dian Lisfiana Putri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Penulis
  • Asri Arum Sari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Penulis

DOI:

https://doi.org/10.7401/vw75ka89

Kata Kunci:

Pembelajaran Menyenangkan, Tata Surya, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Muta’allimin 1 Wonokasian Wonoayu Sidoarjo tentang konsep dasar tata surya melalui pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan ini meliputi penyampaian materi tata surya secara kreatif, seperti melalui lagu dan simulasi, serta pengamatan matahari langsung menggunakan teleskop. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep abstrak dalam astronomi dan mengembangkan minat belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif guna memberikan gambaran yang mendalam mengenai persepsi siswa terhadap pembelajaran astronomi serta dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pengabdian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan terlibat aktif dalam semua aktivitas yang dilakukan. Mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan baru tentang tata surya, tetapi juga keterampilan mengamati dan menganalisis data. Kegiatan ini juga berhasil membangun kerjasama yang baik antara tim pengabdian, pihak sekolah, dan siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Astuti, I., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC. Jurnal Eksplora Informatika, 8(2), 158-166. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.220

R. Dermawan Susilo and Y. Yuliane. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bertema Luar Angkasa. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(3), 215–225.

Elvadola, C. ., Juwantara, R. A., Kurniasih, T. I. ., & Rasitiani, A. . (2023). Pengembangan Media Interaktif Tata Surya Pada Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI SDN 1 Gunung Terang. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 149–156. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v5i1.1219.

Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada.

K. Khairiah, D. Maharani, and E. Saputra, (2023) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Flash, J-Com (Journal of Computer), 3(1), 49–54, http//doi: 10.33330/j-com.v3i1.2211

Qorib, M., Zailani, Z., Radiman, R., Amrizal, A., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Astronomi Rasi Bintang Untuk Anak Usia Dini. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 7(2), 162-168.

Shafa Yasinta Agustina, & Riyan Abdul Aziz. (2024). Perancangan Media pembelajaran Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Repeater : Publikasi Teknik Informatika dan Jaringan, 2(3), 198–205. https://doi.org/10.62951/repeater.v2i3.138

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Surya Putri, N. A., Hakim, A. N., Mumtaz, D. A., Chasanah, D. R., Putri, D. L., & Sari, A. A. (2025). Pembelajaran Interaktif Astronomi Dasar Bagi Siswa MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonokasian Wonoayu Sidoarjo. Kamilla: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.7401/vw75ka89