Pembelajaran Interaktif Astronomi Dasar Bagi Siswa MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonokasian Wonoayu Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.7401/vw75ka89Kata Kunci:
Pembelajaran Menyenangkan, Tata Surya, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Muta’allimin 1 Wonokasian Wonoayu Sidoarjo tentang konsep dasar tata surya melalui pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan ini meliputi penyampaian materi tata surya secara kreatif, seperti melalui lagu dan simulasi, serta pengamatan matahari langsung menggunakan teleskop. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep abstrak dalam astronomi dan mengembangkan minat belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif guna memberikan gambaran yang mendalam mengenai persepsi siswa terhadap pembelajaran astronomi serta dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pengabdian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan terlibat aktif dalam semua aktivitas yang dilakukan. Mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan baru tentang tata surya, tetapi juga keterampilan mengamati dan menganalisis data. Kegiatan ini juga berhasil membangun kerjasama yang baik antara tim pengabdian, pihak sekolah, dan siswa.
Unduhan
Referensi
Astuti, I., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC. Jurnal Eksplora Informatika, 8(2), 158-166. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.220
R. Dermawan Susilo and Y. Yuliane. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bertema Luar Angkasa. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(3), 215–225.
Elvadola, C. ., Juwantara, R. A., Kurniasih, T. I. ., & Rasitiani, A. . (2023). Pengembangan Media Interaktif Tata Surya Pada Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI SDN 1 Gunung Terang. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 149–156. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v5i1.1219.
Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada.
K. Khairiah, D. Maharani, and E. Saputra, (2023) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Flash, J-Com (Journal of Computer), 3(1), 49–54, http//doi: 10.33330/j-com.v3i1.2211
Qorib, M., Zailani, Z., Radiman, R., Amrizal, A., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Astronomi Rasi Bintang Untuk Anak Usia Dini. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 7(2), 162-168.
Shafa Yasinta Agustina, & Riyan Abdul Aziz. (2024). Perancangan Media pembelajaran Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Repeater : Publikasi Teknik Informatika dan Jaringan, 2(3), 198–205. https://doi.org/10.62951/repeater.v2i3.138
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Naabila Aisyatuzzahrah Surya Putri, Alfian Nurul Hakim, Dewi Atikah Mumtaz, Dinda Robiatul Chasanah, Dian Lisfiana Putri, Asri Arum Sari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.