Pelatihan Program Mobile Library  untuk Mengajarkan Al-Quran kepada Masyarakat Dusun Sekar Mengkuang, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo

Penulis

  • M. Syukri Ismail Institut Agama Islam Yasni Bungo Penulis
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo Penulis
  • Baili Baili Institut Agama Islam Yasni Bungo Penulis
  • Selvia Nelis Institut Agama Islam Yasni Bungo Penulis

DOI:

https://doi.org/10.7401/9y73q109

Kata Kunci:

Mobile Library, Literasi Al-Qur'an, Pendekatan ABCD, Teknologi Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi program Mobile Library untuk mengajarkan Al-Qur'an kepada masyarakat Dusun Sekar Mengkuang, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, dengan menggunakan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD). Pendekatan ABCD menekankan pemanfaatan aset dan potensi lokal dalam pengembangan komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan literasi Al-Qur'an di kalangan masyarakat dan memberdayakan komunitas melalui optimalisasi sumber daya yang ada. Temuan ini sejalan dengan studi sebelumnya yang menekankan pentingnya pemanfaatan aset lokal dalam program literasi dan pendidikan keagamaan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Chambers, R. (1997). Whose Reality Counts? Putting the First Last. Intermediate Technology Publications.

Fauzan, M. (2019). "Akses Pendidikan Agama di Daerah Terpencil: Tantangan dan Solusi." Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45-60.

Hakim, A. (2019). "Pendampingan Teknologi dalam Pendidikan Keagamaan." Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 7(2), 78-91.

Hidayat, R. (2020). "Literasi Al-Qur'an di Masyarakat Pedesaan." Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 4(3), 112-125.

Kretzmann, J.P., & McKnight, J.L. (1993). Building Communities from the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets. ACTA Publications.

Mustofa, A. (2018). "Pendidikan Islam Berbasis Digital." Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 6(2), 98-115.

Nasir, M. (2021). "Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Agama." Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi, 9(1), 123-137.

Rahmat, H. (2018). "Pendidikan Agama sebagai Pilar Pembangunan Moral." Jurnal Studi Islam, 3(2), 65-80.

Rohman, M. (2020). "Strategi Pembelajaran Al-Qur'an dengan Teknologi Digital." Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 8(1), 45-59.

Samsudin, A. (2022). "Implementasi Teknologi Pendidikan di Daerah Terpencil." Jurnal Pendidikan Islam Modern, 10(2), 77-90.

Supriatna, N. (2020). "Pendekatan ABCD dalam Pengembangan Masyarakat." Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 110-125.

Suryana, D. (2022). "Teknologi Mobile Library untuk Pendidikan Agama." Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 11(1), 99-114

Wahyudi, M. (2019). "Implementasi Metode Asset-Based Community Development dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam." Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 3(1), 78-90.

Wahyuni, T. (2020). "Pemanfaatan Aplikasi Mobile dalam Pembelajaran Al-Qur'an." Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 7(2), 55-70.

Yusuf, A., & Karim, Z. (2021). "Mobile Learning dalam Pendidikan Islam." Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 12(3), 87-102.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-19

Cara Mengutip

Ismail, M. S., Adilla, U. ., Baili, B., & Nelis, S. . (2025). Pelatihan Program Mobile Library  untuk Mengajarkan Al-Quran kepada Masyarakat Dusun Sekar Mengkuang, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo. Kamilla: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.7401/9y73q109

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.