Strategi Penulisan dan Publikasi Artikel Mahasiswa Pada Jurnal Bereputasi Melalui Kegiatan Pemondokan Ilmiah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya

Penulis

  • Asrori Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis https://orcid.org/0000-0002-0683-3041
  • M. Maulana Mas'udi Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis
  • Mahmud Muhsinin Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis

DOI:

https://doi.org/10.7401/yeern019

Kata Kunci:

Penulisan Artikel Ilmiah, Publikasi, Pemondokan Ilmiah, Jurnal Bereputasi, Mahasiswa

Abstrak

Penulisan dan publikasi artikel ilmiah merupakan bagian penting dalam pengembangan kompetensi akademik mahasiswa. Namun, banyak mahasiswa menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya keterampilan menulis, pemahaman prosedur publikasi, dan kesulitan memilih jurnal bereputasi. Program pemondokan ilmiah di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah mahasiswa melalui bimbingan intensif dari ahli. Program ini juga mengatasi masalah-masalah utama, seperti kemampuan menulis, pengetahuan tentang jurnal bereputasi, dan komitmen waktu. Berdasarkan survei dan wawancara, mayoritas mahasiswa baru memulai penelitian di akhir masa studi, dan banyak yang melakukan kesalahan seperti plagiarisme. Pemondokan ilmiah menawarkan solusi yang efektif melalui pendampingan langsung, yang pada akhirnya meningkatkan peluang publikasi artikel di jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Alwi, N. M. (2021). Sosialisasi Teknik Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Untuk Mengembangkan Keterampilan Menulis Peserta Didik. Al-Khidmat,4(2), 113-120.

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 400-407.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat,1(2), 128-135.

Hidayah, R., Maharani, D.K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107-110

Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment,1(1), 12-20.

Jumono, S., Handayani, S., Abdurrahman, A., dan Mala, C.M.F. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta. Seminar Nasional dan Call of Papers Penelitian dan Pengabdian, 129-134.

Khikmah, L., & Kurniawan, E. (2020). Tantangan dalam Penulisan Artikel Abstrak Penelitihan untuk Publikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan,20(2), 267-278

Prihantini, F. N., & Indudewi, D. (2017). Kesadaran dan Perilaku Plagiarisme dikalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya,18(1), 68-75.

Ratih Utami Ramadhaniati. (2016). Pengembangan Modul Menulis Artikel Hasil Penelitian pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis. Jurnal Dialektologi, 1(2), 164-176. https://doi.org/10.52237/dialektologi.v1i2.145

Rofiqo, N., Windarto, A. P., & Wanto, A. (2018). Penerapan Metode VIKOR Pada Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Ilmiah. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 228-237

Safitri, B. R. A., Pahriah, P., Hatimah, H., Indah, D. R., & Suryati, S. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Undikma. Abdi Masyarakat,3 (2), 41-44.

Utami, S. D., Primawati, S. N., Fitriani, H., Harisanti, B. M., & Royani, I. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Mataram.Jurnal Pengabdian UNDIKMA,1(1), 28-33

Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Abdimas Dewantara,1(1), 77-86.

Wiyaka, W., Saputro, B. A., & Prastikawati, E. F. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional bagi Guru SMA di Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,13(1), 192-200.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-19

Cara Mengutip

Asrori, A., Mas'udi, M. M., & Muhsinin, M. (2025). Strategi Penulisan dan Publikasi Artikel Mahasiswa Pada Jurnal Bereputasi Melalui Kegiatan Pemondokan Ilmiah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya. Kamilla: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-26. https://doi.org/10.7401/yeern019