Efektivitas Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.7401/qdjezq26Kata Kunci:
Sekolah, Siaga, KependudukanAbstrak
Kependudukan mencakup aspek jumlah, struktur, pertumbuhan, persebaran, mobilitas, kualitas, serta kesejahteraan yang berhubungan dengan politik, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Kompleksitas permasalahan kependudukan menuntut peningkatan wawasan masyarakat melalui pendidikan kependudukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengedukasi generasi muda tentang isu-isu kependudukan di Indonesia serta menumbuhkan perilaku dan peran aktif sesuai wawasan kependudukan agar mereka menjadi agent of change di masyarakat. Metode yang digunakan berupa pelatihan “Sekolah Siaga Kependudukan” dengan pemberian pretes dan postes untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa setelah mengikuti pelatihan. Kesimpulannya, kegiatan ini efektif meningkatkan pemahaman siswa SMP Muhammadiyah 11 Surabaya mengenai aspek kependudukan, khususnya kualitas, kuantitas, dan migrasi penduduk.
Unduhan
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Pembangunan Manusia. Badan Pusat Statistik, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.
BKKBN. (2015). Pembekalan Guru SMP dalam Pengintegrasian Pendidikan Kependudukan Tahn 2015 (Issue 1).
BKKBN. (2016). Pembekalan Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs): Dalam Pengintegrasian Pendidikan Kependudukan dan Pembelajaran. In Perpustakaan Nasional RI (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
BKKBN. (2021). Panduan Penyusunan Grang Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar.
BPS. (2020). Sensus Penduduk 2020.
Hutasoit, I. (2023). Population Growth in Batam Municipality As the Frontier and Outermost Region At the Border Between Indonesia-Singapore-Malaysia. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 12(2), 165–176. https://doi.org/10.20473/jbk.v12i2.2023.165-176
Khairu Nissa, N., Nugraha, Y., Finola, C. F., Ernesto, A., Kanggrawan, J. I., & Suherman, A. L. (2020). Evaluasi Berbasis Data: Kebijakan Pembatasan Mobilitas Publik dalam Mitigasi Persebaran COVID-19 di Jakarta. Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i2.77
Marcheline, M., Marwa, T., & Sukanto, S. (2023). Indeks Pembangunan Manusia, Penduduk Lanjut Usia, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeluaran Kesehatan di Negara-Negara ASEAN. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1096–1100. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.685
Peraturan.go.id. (2009). Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.
PP RI. (2014). Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 41. https://peraturan.bpk.go.id/
Pratiwi, E. H., & Malik, N. (2022). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kesehatan Terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Bali Tahun 2011-2020. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 6(1), 112–122. https://doi.org/10.22219/jie.v6i1.19670
Zukdi, I. (2019). Learning Al-Islam and Kemuhammadiyahan in College Muhammadiyah. 293(Nfeic 2018), 38–41. https://doi.org/10.2991/nfeic-18.2019.8
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sholihul Huda, Luluk Latifah, Warsidi Warsidi, Muridah Isnawati, Agus Saifullah (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







