Efektivitas Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.7401/qdjezq26

Kata Kunci:

Sekolah, Siaga, Kependudukan

Abstrak

Kependudukan mencakup aspek jumlah, struktur, pertumbuhan, persebaran, mobilitas, kualitas, serta kesejahteraan yang berhubungan dengan politik, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Kompleksitas permasalahan kependudukan menuntut peningkatan wawasan masyarakat melalui pendidikan kependudukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengedukasi generasi muda tentang isu-isu kependudukan di Indonesia serta menumbuhkan perilaku dan peran aktif sesuai wawasan kependudukan agar mereka menjadi agent of change di masyarakat. Metode yang digunakan berupa pelatihan “Sekolah Siaga Kependudukan” dengan pemberian pretes dan postes untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa setelah mengikuti pelatihan. Kesimpulannya, kegiatan ini efektif meningkatkan pemahaman siswa SMP Muhammadiyah 11 Surabaya mengenai aspek kependudukan, khususnya kualitas, kuantitas, dan migrasi penduduk.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Pembangunan Manusia. Badan Pusat Statistik, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.

BKKBN. (2015). Pembekalan Guru SMP dalam Pengintegrasian Pendidikan Kependudukan Tahn 2015 (Issue 1).

BKKBN. (2016). Pembekalan Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs): Dalam Pengintegrasian Pendidikan Kependudukan dan Pembelajaran. In Perpustakaan Nasional RI (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

BKKBN. (2021). Panduan Penyusunan Grang Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar.

BPS. (2020). Sensus Penduduk 2020.

Hutasoit, I. (2023). Population Growth in Batam Municipality As the Frontier and Outermost Region At the Border Between Indonesia-Singapore-Malaysia. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 12(2), 165–176. https://doi.org/10.20473/jbk.v12i2.2023.165-176

Khairu Nissa, N., Nugraha, Y., Finola, C. F., Ernesto, A., Kanggrawan, J. I., & Suherman, A. L. (2020). Evaluasi Berbasis Data: Kebijakan Pembatasan Mobilitas Publik dalam Mitigasi Persebaran COVID-19 di Jakarta. Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i2.77

Marcheline, M., Marwa, T., & Sukanto, S. (2023). Indeks Pembangunan Manusia, Penduduk Lanjut Usia, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeluaran Kesehatan di Negara-Negara ASEAN. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1096–1100. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.685

Peraturan.go.id. (2009). Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

PP RI. (2014). Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 41. https://peraturan.bpk.go.id/

Pratiwi, E. H., & Malik, N. (2022). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kesehatan Terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Bali Tahun 2011-2020. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 6(1), 112–122. https://doi.org/10.22219/jie.v6i1.19670

Zukdi, I. (2019). Learning Al-Islam and Kemuhammadiyahan in College Muhammadiyah. 293(Nfeic 2018), 38–41. https://doi.org/10.2991/nfeic-18.2019.8

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-09

Cara Mengutip

Huda, S., Latifah, L., Warsidi, W., Isnawati, M., & Saifullah, A. (2025). Efektivitas Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Kamilla: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 81-88. https://doi.org/10.7401/qdjezq26

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.