MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Lina Budiarto Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis
  • Zainal Arifin universitas muhammadiyah surabaya Penulis

Abstrak

Pada zaman serba modern kebutuhan peserta didik akan belajar sangatlah komplek dan bervariasi. Untuk memenuhi kebutuhan peserta didik maka seorang pendidik harus mengenali karakteristik peserta didiknya. Untuk mengenali karakteristik peserta didik salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah melalui Metode Pembelajaran Berdiferensiasi. Dalam konsep Pendidikan Islam untuk memahami karakter peserta didik tidak lepas dari dua sumber yaitu Al Qura’an dan As Sunnah. Selain metode, untuk mengenali karakter dari peserta didik maka seorang pendidik harus memiliki kompetensi salah satunya adalah Kompetensi Pedagogi. Di dalam Kompetensi Pedagogi terdapat beberapa aspek yang harus dikuasai oleh pendidik diantaranya adalah aspek mengenali atau memahami karakteristik setiap peserta didik, menguasai teori pembelajaran, mengembangkan kurikulum, menciptakan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, komunikasi dengan peserta didik dan mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran. Melalui Jurnal ini penulis akan memberikan kajian ilmiah mengenai alasan pentingnya memahami karakteristik peserta didik melalui metode pembelajaran berdiferensiasi agar dapat memenuhi kebutuhan akan belajarnya berdasarkan prespektif pendidikan islam.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-03-23

Cara Mengutip

“MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM”. MHS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keislaman 1, no. 01 (March 23, 2025): 1–10. Accessed September 16, 2025. https://journal.zamronedu.co.id/index.php/mhsjournal/article/view/90.