METODE PEMBELAJARAN TIBYAN QUR’ANI
Abstrak
Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui mengenai metode pembelajaran yang berbasis ayat-ayat Al-Qur’an pada surat Al-Baqarah dan disebut penulis sebagai metode Tibyan Qur’ani. Penulis juga ingin menganalisis Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Metode Pembelajaran Qur’ani pada surat Al-Baqarah dalam Tafsir Al-Munir karya Syaikh Wahbah Az-Zuhaili. Dan terakhir penulis ingin mendeskripsikan relevansi studi analisis tersebut dalam konteks metode pembelajaran di Indonesia Penelitian ini merupakan penelitian kuliatitif dengan menggunakan pendekatan studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan pengumpulan dokumen. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber, yaitu dengan cara menelusuri bahan-bahan yang dibutuhkan dalam penelitian kemudian melakukan pengecekan validatas sumber tersebut dengan merujuk ke referensi-referensi primer serta otoritatif dalam masalah ini. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwasanya, Pertama, Metode pembelajaran Tibyan Qur’ani adalah kumpulan 9 metode pembelajaran yang berlandaskan ayat-ayat Al-Qur’an. Penamaan tersebut berdasarkan Surat An-Nahl ayat 18 yang menjelaskan bahwasanya Al-Qur’an itu penjelasan tentang segala sesuatu. Kedua, Dari 286 ayat yang diteliti dalam surat Al-Baqarah terdapat 260 atau 90% ayat yang memiliki unsur metode pembelajaran mulai dari metode ceramah sampai metode eksperimen. Dari total 260 ayat tersebut ada 9 tema yang terdiri dari 30 ayat untuk diteliti lebih lanjut. Ketiga, Metode pembelajaran pada surat Al-Baqarah dalam Tafsir Al-Munir ini sangat relevan diterapkan di Indonesia karena penyusunan kitab Tafsir Al-Munir yang sistematis dan cocok untuk berbagai kalangan masyarakat.