STRATEGI BACA KITAB KUNING MELALUI METODE Al MIFTAH LIL ULUM SIDOGIRI DALAM MENINGKATKAN AKSELERASI BACA KITAB KUNING
Abstrak
Pendidikan pesantren merupakan institusi Islam tertua di Indonesia yang terus berkontribusi dalam bidang sosial dan keagamaan. Pesantren memiliki fondasi kuat dan mampu beradaptasi dengan zaman. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi pembacaan Kitab Kuning, tantangan mempelajarinya, dan mengevaluasi efektivitas metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang berfokus pada analisis peristiwa atau fenomena yang dianggap signifikan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi berkelanjutan, dan dokumentasi. Studi kasus adalah jenis penelitian yang dipilih untuk memungkinkan penelitian yang mendalam tentang tujuan yang telah ditetapkan. Dari analisa yang dilakukan oleh peneliti, Peneliti menyajikan hasil penelitian sebagai berikut: strategi metode al-miftah dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Darul Aitam Surabaya ini memiliki langkah-langkah pembelajaran sebagai barikut: 1. Pembukaan, 2. Apersepsi, 3. Penyampaian materi, 4. Pemahaman materi, 5. Latihan, dan 6. Penutup. Selain itu santri juga diminta untuk praktik langsung menggunakan kitab sesuai dengan materi yang disampaikan dan setiap malam jum’at diadakan semacam kuis untuk mengetahui tingkat penguasaan santri. bagi santri yang memenangkan kuis diberi penghargaan sebagai bentuk penghargaan dalam meningkatkan motivasi santri dalam belajar. Kemudian terdapat hambatan-hambatan yang terjadi dalam pembelajarannya, diantaranya: 1. Waktu yang terbatas, 2. Lingkungan, dan 3. Tathbiq. Dan metode Al Miftah ini terbilang cukup efektif untuk mendukung program akselerasi baca kitab kuning di Darul Aitam Surabaya.