KORELASI ANTARA STANDAR KOMPETENSI PENDIDIK (KOMPETENSI PEDAGOGIK, SOSIAL, KEPRIBADIAN DAN PROFESIONAL) DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN HOLISTIK
Abstrak
Dewasa ini pendidik disibukkan dengan mempelajari perubahan-perubahan metode pengajaran. Pendidik didorong untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Hal ini terkadang membuat pendidik melupakan sesuatu yang fundamental, yaitu kemampuan standar yang harus dimiliki seorang pendidik. Kompetensi pendidik tidak sebatas metode mengajar dan transfer ilmu, namun hingga menyeluruh. Pendidik memerlukan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional dalam mewujudkan pembelajaran yang holistik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara standar kompetensi pendidik, baik kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi professional dalam mewujudkan pendidikan yang holistik. Standar kompetensi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan holistik, namun faktor ini tidak dapat ditinggalkan karena akan memengaruhi kualitas pendidikan