MURID; KEPRIBADIAN, INTELEGENSI, DAN ETIKANYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Tulisan ini membahas tentang murid bagaimana kepribadian dan adabnya dalam proses belajar. Hari ini kita hidup di zaman dimana sumber ilmu begitu luas. Sarana media dan informasi begitu berkembang dengan pesat. Kita bisa belajar kepada siapa saja dan dimana saja. Semuanya ini mempengaruhi para murid. Mereka mudah menyerap ilmu tanpa ada alat saring. Tidak jarang ilmu yang mereka miliki tidak mencerminkan kepribadian seorang yang berilmu. Pembangkangan kepada guru, tidak hormat kepada aturan dan attitude yang tercela adalah sekian contoh problem murid hari ini. Sekolah hanya rutinitas untuk mendapatkan pekerjaan. Mereka tidak menyiapkan kemampuan-kemampuan dasar supaya bisa beradaptasi dengan ilmu yang disampaikan seorang guru. Etika dan adab juga merupakan masalah yang hampir ditemui disetiap lembaga pendidikan. Baik pendidikan islam maupun bukan. Maka dari itu, penulis akan membahas bagaimana kepribadian, intelegensi, dan etika yang baik sebagai murid menurut perspektif islam. Dengan pendekatan metode kualitatif dengan metode kepustakaan akan memaparkan sebagian solusi dari problematika yang tadi dibahas. Hasil dari tulisan ini menunjukkan banyak sekali bekal-bekal dasar yang belum dimiliki murid hari ini. Dan selayaknya harus dimiliki seorang murid dalam proses belajar. Kesimpulannya semakin sedikit bekal dasar yang dimiliki murid semakin pula hasilnya. Begitu juga sebaliknya.
This article discusses students' personalities and manners in the learning process. Today we live in an era where the sources of knowledge are so vast. Media and information facilities are developing rapidly. We can learn from anyone and anywhere. They easily absorb knowledge without any filters. It is not uncommon for the knowledge they have not to reflect the personality of someone who is knowledgeable. Disobedience to teachers, disrespect for rules and despicable attitudes are some examples of student problems today. They do not prepare basic skills so they can adapt to the knowledge conveyed by a teacher. Ethics and manners are also problems that are encountered in almost every educational institution. Both Islamic education and not. Therefore, the author will discuss good personality, intelligence and ethics as a student according to an Islamic perspective. Using a qualitative method approach using the literature method, it will explain some of the solutions to the problems that have been discussed. The results of this article show that there are many basic provisions that today's students do not have. And a student should have it in the learning process. In conclusion, the fewer basic provisions a student has, the better the results