EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR TAHFIDZ AL-QUR’AN (SDTQ) AL-IHSAN BLIMBING PACIRAN LAMONGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP

Penulis

  • Din Muhammad Zakariya Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis
  • Yuli Mujahidin Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  membahas bagaimana evaluasi context program pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di SDTQ Al-Ihsan Blimbing Paciran Lamongan dengan menggunakan model CIPP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa pertama: hasil evaluasi context yang meliputi aspek dukungan, aspek kebutuhan dan aspek tujuan adalah sangat baik. Kedua, hasil evaluasi input  yang meliputi SDM, sarana dan prasarana, anggaran sekolah serta  perangkat pembelajaran adalah  baik. Ketiga, hasil evaluasi process yang meliputi jalannya pembelajaran tahfidz Al-Qur’an adalah cukup. Keempat, hasil evaluasi product yang meliputi kompetensi hafalan, akhlaq mulia dan amal shalih adalah baik berdasarkan wawancara, observasi dan temuan lapangan.

This study aims to discuss how to evaluate the context of the Tahfidz Al-Qur'an learning program at SDTQ Al-Ihsan Blimbing Paciran Lamongan using the CIPP model. This study uses a qualitative evaluative approach. Data collection techniques use interviews, participant observation and documentation studies. Data analysis consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Data validity checking is done through extension of participation, persistence or consistency of observation, triangulation and peer review. The results of the study concluded that first: the results of the context evaluation covering aspects of support, aspects of needs and aspects of goals are very good. Second, the results of the input evaluation covering human resources, facilities and infrastructure, school budget and learning tools are good. Third, the results of the process evaluation covering the course of learning the tahfidz Al-Qur'an are sufficient. Fourth, the results of the product evaluation covering memorization competencies, noble morals and good deeds are good based on interviews, observations and field findings.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-01

Cara Mengutip

“EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR TAHFIDZ AL-QUR’AN (SDTQ) AL-IHSAN BLIMBING PACIRAN LAMONGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP”. MHS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keislaman 1, no. 03 (October 1, 2025): 293–306. Accessed October 30, 2025. https://journal.zamronedu.co.id/index.php/mhsjournal/article/view/149.