HADITS NABAWI SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER
Abstrak
Integrasi pendidikan karakter dalam dalam tinjauan Hadits Nabawi merupakan kunci utama untuk meningkatkan mutu pendidikan secara signifikan. Dengan membaurkan nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar, siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga mengembangkan kepribadian yang baik, seperti integritas, tanggung jawab, dan rasa hormat. Pendidikan karakter dapat diimplementasikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat melalui berbagai cara, seperti memberikan contoh baik, menyelipkan pesan moral, memberikan apresiasi, dan menciptakan lingkungan yang positif. Tulisan ini bertujuan untuk Memahami hadis nabawi sebagai sumber pendidikan karakter. Melalui metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hadits Nabawi memberikan panduan yang jelas tentang prinsip-prinsip moral Islam, seperti kejujuran, tanggung jawab, keadilan, dan kebaikan. Nilai-nilai ini dapat menjadi landasan bagi pembentukan karakter yang kuat dan beretika.
The integration of character education from the perspective of Hadith Nabawi is a key factor in significantly improving the quality of education. By incorporating character values into the teaching and learning process, students not only gain knowledge but also develop good personalities, such as integrity, responsibility, and respect. Character education can be implemented in schools, families, and communities through various means, such as setting good examples, embedding moral messages, offering appreciation, and creating a positive environment. This paper aims to understand the Prophetic Hadith as a source of character education. The study uses a library research method with a qualitative approach. The Hadith Nabawi provides clear guidance on Islamic moral principles, such as honesty, responsibility, justice, and kindness. These values can serve as the foundation for building strong and ethical character.







