FUNGSI DAN PERAN SEKOLAH

Penulis

  • M Fatwa universitas muhammadiyah surabaya Penulis
  • Sutaman Universitas Muhammadiyah Surabaya Penulis

Abstrak

Sekolah berasal dari bahasa Latin, yakni skole, scola, scolae atau skola yang mempunyai arti "waktu luang" atau "waktu senggang", yakni waktu luang di tengah kegiatan utama mereka bermain dan menghabiskan waktu menikmati masa anak-anak dan remaja. Kegiatan yang dimaksud ialah mempelajari cara berhitung, cara membaca huruf dan mengenal tentang etika (moral; budi pekerti) dan estetika (seni keindahan). Kata sekolah yang semula cuma berarti pengisian waktu luang, kini bermakna dan mewujudkan diri sebagai suatu sistem kelembagaan pendidikan yang kadangkala dan celakanya sekaligus diartikan sebagai wujud hakekat pendidikan itu sendiri. Kata itu memang mesti dipahami dalam konteks kesejarahannya sebagai bagian dari keseluruhan perkembangan peradaban umat manusia di mana lembaga itu mewujudkan diri. Kesadaran kesejarahan kontekstual inilah yang teramat penting untuk memahami hakekat dinamika semua lembaga kemasyarakatan kita, termasuk lembaga sekolah. Bagaimana sebenarnya ia mewujud untuk saat ini, sebagai hasil dari suatu perjalanan panjang di masa lalu, dan ke arah mana mestinya ia ditujukan untuk menghadapi masa depan yang sangat boleh jadi akan berbeda sama sekali. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data library research, pendekatan kualitatif, dan metode analisis data berupa analisis konten untuk mengeksplorasi fungsi dan peran pendidikan sekolah.

School comes from Latin, namely skole, scola, scolae or skola which means "free time" or "free time", namely free time in the midst of their main activities of playing and spending time enjoying childhood and adolescence. The activities in question are learning how to count, how to read letters and getting to know ethics (morals) and aesthetics (the art of beauty). The word school, which originally only meant filling free time, now means and manifests itself as an educational institutional system which is sometimes and unfortunately also interpreted as a manifestation of the essence of education itself. This word must be understood in its historical context as part of the overall development of human civilization in which this institution manifested itself. This contextual historical awareness is very important to understand the nature of the dynamics of all our social institutions, including school institutions. How it actually came into being at this time, as a result of a long journey in the past, and in what direction it should be directed to face a future that could very well be completely different. This research uses library research data collection techniques, a qualitative approach, and data analysis methods in the form of content analysis to explore the function and role of school education.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

“FUNGSI DAN PERAN SEKOLAH”. MHS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keislaman 1, no. 03 (September 30, 2025): 261–269. Accessed October 30, 2025. https://journal.zamronedu.co.id/index.php/mhsjournal/article/view/146.