KONSEP DASAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Abstrak
Sosiologi Pendidikan Islam merupakan kajian yang menggabungkan sosiologi dan pendidikan dalam bingkai nilai-nilai Islam. Tujuan pendidikan dalam Islam adalah tidak hanya transfer pengetahuan, tetapi juga pembentukan akhlak dan karakter individu, serta menciptakan masyarakat yang berkeadilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Data dikumpulkan dari berbagai sumber seperti buku, artikel ilmiah, dan karya-karya terdahulu yang relevan dengan Sosiologi Pendidikan Islam. Proses penelitian mencakup pengumpulan literatur, analisis kritis, klasifikasi data, dan sintesis. Penelitian ini berupaya untuk memahami konsep dasar Sosiologi Pendidikan Islam, yang mencakup bagaimana nilai-nilai Islam mempengaruhi pendidikan, peran masyarakat dalam pendidikan, serta pentingnya keadilan sosial dan akses pendidikan bagi semua individu tanpa memandang latar belakang sosial atau budaya. Sosiologi Pendidikan Islam berfokus pada interaksi sosial, struktur masyarakat, dan perilaku individu dalam konteks nilai-nilai Islam. Pendidikan Islam harus berakar pada nilai-nilai Islam dan Al-Qur’an, dengan menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter yang baik. Interaksi sosial, seperti hubungan antara pendidik dan peserta didik, juga memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Islamic Educational Sociology is a study that combines sociology and education within the framework of Islamic values. The goal of education in Islam is not only the transfer of knowledge but also the formation of character and morals, as well as the creation of a just society. This study uses a library research method. Data is collected from various sources such as books, scientific articles, and previous works relevant to Islamic Educational Sociology. The research process includes literature collection, critical analysis, data classification, and synthesis. This study seeks to understand the basic concepts of Islamic Educational Sociology, which include how Islamic values influence education, the role of society in education, and the importance of social justice and access to education for all individuals, regardless of their social or cultural background. Islamic Educational Sociology focuses on social interactions, societal structures, and individual behavior in the context of Islamic values. Islamic education must be rooted in Islamic values and the Qur’an, emphasizing the importance of knowledge and the formation of good character. Social interactions, such as the relationship between educators and students, also play a vital role in creating a conducive learning environment.







