ANALISIS SOSIOLOGIS UNTUK MENJAWAB TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN ISLAM ERA MODERN
Abstrak
Di era modern yang terus berkembang, pendidikan Islam menghadapi berbagai dinamika yang kompleks akibat pesatnya kemajuan teknologi, perubahan sosial yang signifikan, serta dampak globalisasi. Perubahan ini menuntut pendidikan Islam untuk tidak hanya merespons tantangan yang ada tetapi juga memanfaatkan peluang yang muncul secara maksimal. Artikel ini membahas pendidikan Islam dari sudut pandang sosiologis dengan tujuan mengeksplorasi pendekatan-pendekatan strategis yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat modern tanpa mengabaikan nilai-nilai dasar Islam. Melalui pendekatan kualitatif dengan analisis data sekunder, penelitian ini menyoroti pentingnya inovasi dalam kurikulum, penguatan dimensi spiritual, dan kerja sama antar lembaga pendidikan sebagai langkah transformasi adaptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam harus mampu menghadirkan sistem yang relevan, kontekstual, dan berdaya saing global, sambil tetap menjaga identitas dan tradisi Islam. Selain itu, artikel ini memberikan rekomendasi praktis untuk menciptakan model pendidikan yang inklusif, progresif, dan mampu memberikan dampak sosial positif dalam rangka membangun generasi yang unggul di tengah perubahan zaman.
In the ever-evolving modern era, Islamic education faces complex dynamics driven by rapid technological advancements, significant social changes, and the impact of globalization. These shifts demand that Islamic education not only responds to existing challenges but also maximizes emerging opportunities. This article examines Islamic education from a sociological perspective, aiming to explore strategic approaches that address the needs of modern society without neglecting the fundamental values of Islam. Using a qualitative approach with secondary data analysis, this study highlights the importance of curriculum innovation, strengthening spiritual dimensions, and fostering collaboration among educational institutions as key steps for adaptive transformation. The findings reveal that Islamic education must present a system that is relevant, contextual, and globally competitive while preserving Islamic identity and traditions. Additionally, this article provides practical recommendations for creating an inclusive, progressive educational model capable of delivering positive social impacts and building a superior generation amidst the changing times.